LPI HIDAYATULLAH- Sholat merupakan ibadah yang wajib dijalankan seluruh umat Islam. Seperti yang kita ketahui, sholat merupakan tiang agama dan masuk dalam rukun islam yang kedua.

Rosullulah SAW bersabda “Pangkal atau pokok semua urusan adalah Islam, dan yang menjadi tiang atau penopang tegaknya Islam ialah sholat fardhu lima waktu, sedangkan puncaknya adalah berjuang di jalan Allah,” (Hr.Bukhari dan Muslim).

Allah SWT juga berfirman dalam surat Surat AI-Ankabut 29:45 bahwa kedudukan sholat adalah yang paling tinggi dibanding ibadah lainnya. Selain itu dengan menunaikan sholat dapat menghindarkan kita dari perbuatan jahat.

ٱتْلُ مَآ أُوحِىَ إِلَيْكَ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ ۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Artinya: Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Quran dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Namun di masa sekarang, masih banyak umat Islam yang menunda-nunda sholatnya hanya karena urusan duniawi. Adapula yang lalai hingga sengaja meninggalkan sholat. Padahal Rasullulah SAW bersabda, apabila seseorang meninggalkan sholat maka bisa menjadikan dirinya kafir.

“Janji yang terikat era antara kami dengan mereka ialah sholat. Maka, barang siapa meninggalkanya, berarti ia telah kafir,” (Hr. Ahmad). Adapun orang yang meninggalkannya karena lalai atau alpa sedang Ia masih beriman dan meyakini keharusanya, maka Ia dikategorikan pelaku maksiat.

Menyikapi hal ini, tentu perlu penanaman kesadaran ibadah sholat, tak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga perlu ditanamkan edukasi sadar sholat sedari dini (terutama yang sudah baligh)

Nah, dalam rangka meningkatkan kesadaran anak akan ibadah sholat, SD Islam Hidayatullah Semarang menggelar acara pembinaan ESQ (Emotional Spiritual Quotient) sadar sholat bagi siswa-siswi kelas 4-5 SD Islam Hidayatullah Semarang. ESQ merupakan sebuah metode pelatihan pembentukan karakter yang sistematis, yang didalamnya membahas bagaimana membangun karakter dengan menggabungkan tiga kecerdasan sekaligus yaitu Intelektual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) seseorang.

Pembinaan ESQ bertajuk “Penerapan Kesadaran Pentingnya Sholat Membentuk Generasi yang Menegakan Sholat Fardu” ini digelar di Mushola SD Islam Hidayatullah Semarang, Senin 5 Juni 2023, pukul 07.00-09.00 WIB. Diadakannya acara ini sebagai upaya mewujudkan salah satu standart mutu lulusan SD Islam Hidayatullah Semarang yakni sadar sholat.

Untuk mendukung acara ini, SD Islam Hidayatullah Semarang turut menghadirkan pemateri luarbiasa yakni Bunda Dra. Darosy Endah Hyosyamina, M.Pd selaku Dosen Fakultas Psikologi UNDIP, Pakar Parenting Islam, Penulis, sekaligus Penggiat Keluarga Indonesia.

Bunda Dra. Darosy Endah Hyosyamina, M.Pd selaku Dosen Fakultas Psikologi UNDIP, Pakar Parenting Islam, Penulis, sekaligus Penggiat Keluarga Indonesia memberikan materi dalam pembinaan ESQ Sadar Sholat, Rabu 5 Mei 2023 di Mushola SD Islam Hidayatullah

Dikemas dengan cara menyenangkan, siswa-siswa SD Islam Hidayatullah Semarang pun tampak antusias mendengarkan pemaparan Bunda Darosy. Ada banyak ilmu yang anak-anak peroleh melalui pembinaan ESQ ini. Diantaranya: bagaimana tata cara sholat, kedudukan sholat, hukum meninggalkan sholat dan sebagainya. Tak hanya materi, anak-anak juga diminta mempraktekan langsung tata cara & posisi sholat yang benar, terutama saat sholat berjamaah.

Untuk rangkaian kegiatan ESQ kali ini diawali dengan sholat dhuha berjamaah, tahfidz bersama, pembukaan oleh MC, tilawah, menyanyikan lagu Indonesia raya, sambutan Kepala Sekolah, pemaparan materi oleh Bunda Darosy, tanya jawab, pembagian hadiah, doa penutup.

Nah, semoga kegiatan ini dapat mengedukasi dan menjadikan generasi sadar sholat sehingga kedepannya kualitas ibadah siswa-siswi SD Islam Hidayatullah Semarang kian meningkat. Aamiin.***

Siswa SD Islam Hidayatullah mempraktekan kedudukan dan tata cara sholat berjamaah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!