Sebuah impian LPI Hidayatullah Semarang yakni “Tingkatkan mutu dengan SOP“ akhirnya terwujud dalam sebuah kegiatan Workshop Penyusunan SOP yang digelar selama dua hari, Jumat – Sabtu 2-3 Nopember 2018 lalu di LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Jawa Tengah. Sejumlah unsur pimpinan, kepala sekolah, dan guru yang terlibat dalam workshop ini nampak terlihat mencurahkan segenap tenaga dan pikirannya mewujudkan mimpi besar untuk mengantarkan putra putri Hidayatullah menjadi generasi GOLD menuju Insan Khoiru Ummah.

Direktur LPIH Semarang, Ifan Mulfiana, dalam sambutannya mengatakan bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) sekolah diperlukan untuk memudahkan tugas dan fungsi setiap elemen atau unit sekolah secara kronologis dari awal sampai akhir dengan terencana, terukur, mudah, dan terlaksana. “Sehingga diharapkan hasil SOP sekolah yang disusun dalam workshop ini menjadi acuan standarisasi LPIH Semarang dalam menilai mutu pelayanan sekolah, dan melindungi semua warga sekolah,” katanya.

Lebih lanjut, Ifan menjelaskan mengenai SOP sekolah yang tersusun selain berfungsi untuk mempermudah atau memperlancar tugas dan wewenang unit kerja, juga sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan. “SOP membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga menciptakan standar kinerja yang dapat memperbaiki dan mengevaluasi usaha yang telah dilakukan secara mandiri”, jelasnya. “Yakinlah apa yang kita perbuat, kita lakukan ini akan menjadi amal jariyah yang memberi faidah dan manfaat saat kita dipanggil dan bertemu dengan Allah SWT,” tambahnya.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!