LPI HIDAYATULLAH- Hari ini, Jumat 28 Oktober 2022 ditandai sebagai Hari Sumpah Pemuda 2022.

Ya, peringatan Sumpah Pemuda 2022 ini menjadi pengingat bagi generasi muda untuk meneladani semangat juang para pemuda/pemudi Indonesia dalam meraih Kemerdekaan.

Bukan itu saja, kita sebagai generasi masa kini juga dituntut untuk senantiasa menjunjung tinggi rasa cinta tanah air, semangat belajar dan berakhlakul karimah.

Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, pernah berkata:

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia”.

Ini menjadi pertanda betapa pentingnya peran generasi muda sebagai agen perubahan bagi kemajuan Bangsa, Agama dan Negara.

Dalam Alquran dan sunnah, pemuda menjadi pembicaraan terutama perannya dalam kehidupan dan berjuang di jalan Allah. Bahkan dalam Al-Quran pun disebutkan adalah kata fityah atau para pemuda, bukan siapapun. Allah SWT berfirman:

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَاَهُمْ بِالْحَقِّۗ اِنَّهُمْ فِتْيَةٌ اٰمَنُوْا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنٰهُمْ هُدًىۖ

“Kami ceritakan kepadamu (Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan kami menambahkan petunjuk kepada mereka.” (Q S Al Kahfi ayat 13).

Lantas pemuda seperti apa yang diharapkan mampu mewujudkan kemajuan sesuai dalam Al-Qur’an?

Nah, ternyata ada 4 karakter ideal yang harus diteladani para pemuda sesuai ajaran islam. Berikut penjelasannya:

  1. Pemuda yang berlandaskan iman dalam semua sisi kehidupan.

Iman itu menjadi energi paling kuat terutama keimanannya kepada Allah SWT.

Misalnya: ketika kita dihadapkan dengan teman-teman yang suka ghibah, maka kita lebih baik menjauhi dan tidak mengikuti perilaku tersebut. Pasalnya kita tau, Allah SWT sangat membenci orang-orang yang bergunjing.

Disinilah letak keimanan seorang muslim, dimana mampu menahan hawa nafsunya untuk terus berada di jalan Allah SWT.

قَدْ أَفْلَحَ ٱلْمُؤْمِنُونَ

 “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman.” (QS Al Mu’minun 1).

  1. Pemuda yang arah hidupnya mengikuti petunjuk Allah SWT.

Dalam hal ini, Allah SWT telah memberikan petunjuk untuk kita dalam menjalani hidup :

وَاَنَّ هٰذَا صِرَاطِيْ مُسْتَقِيْمًا فَاتَّبِعُوْهُ ۚوَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيْلِهٖ ۗذٰلِكُمْ وَصّٰىكُمْ بِهٖ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ

“Dan sungguh, inilah jalan-Ku yang lurus. Maka ikutilah! Jangan ikuti jalan-jalan (yang lain) yang akan mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu bertakwa”. (Q.S Al Anam ayat 153).

  1. Pemuda yang memiliki semangat dan kekuatan.

Perlu kita ketahui, semangat pemuda tidak hanya dimiliki pemuda yang dikategorikan dengan usia, tapi siapapun dan umur berapapun perlu memiliki jiwa semangat kepemudaan. Pemuda sendiri berasal dari kata al-futuwwu yang artinya kekuatan.

Jadi, setiap pemuda adalah kekuatan dan harus memiliki jiwa semangat. Ia harus memanfaatkan kekuatannya untuk menjadi orang yang senantiasa berada di jalan Allah dan bermanfaat bagi manusia lainnya.

وَاَعِدُّوْا لَهُمْ مَّا اسْتَطَعْتُمْ مِّنْ قُوَّةٍ وَّمِنْ رِّبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُوْنَ بِهٖ عَدُوَّ اللّٰهِ وَعَدُوَّكُمْ وَاٰخَرِيْنَ مِنْ دُوْنِهِمْۚ لَا تَعْلَمُوْنَهُمْۚ اَللّٰهُ يَعْلَمُهُمْۗ وَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يُوَفَّ اِلَيْكُمْ وَاَنْتُمْ لَا تُظْلَمُوْنَ

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).” (QS Al Anfal ayat 60)

  1. Mampu melewati tantangan

Seorang pemuda memiliki kesempatan emas yang perlu dimanfaatkan. Bahkan kecanggihan teknologi informasi saat ini mampu memberikan kita kemudahan. Sehingga tidak ada alasan untuk kita tidak memanfaatkannya untuk berbuat kebaikan.

Seorang pemuda harus memiliki jiwa yang mampu bersaing dengan teknologi, mampu berlomba-lomba dalam kebaikan. Hal ini lantaran kita tidak bisa menaklukkan dunia dan akhirat tanpa adanya perjuangan baik dalam menaklukkan hawa nafsu atau mujahadah maupun menaklukan teknologi agar kita yang bisa mengatur, bukan malah kita yang diatur.

Nah, itulah 4 karakter ideal yang wajib diteladani pemuda menurut ajaran islam. Semoga Hari Sumpah Pemuda ini menjadikan kita generasi muda yang lebih baik lagi dan bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah Semarang (PAUD, SD, SMP, SMA) membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024, dibuka mulai 1 Oktober 2022. Dapatkan fasilitas khusus dan diskon spesial bagi yang mendaftar bulan Oktober 2022 (SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!