COVID-19 memberi ruang-ruang komunikasi virtual tanpa batas. Oleh karena itu, SMA Islam Hidayatullah Semarang mengadakan acara yang special pada tahun ini dan melibatkan Bapak Gubernur Jawa Tengan yaitu yang sering kita sebut Pak Ganjar. Acara ini bertajuk “ SMAHA GAYENG BARENG PAK GANJAR” pada hari Rabu, 22 Juli 2020. Acara kali ini bertemakan “ Membangun Generasi GOLD di Era New Normal.” Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh siswa kelas X,XI,XII, orang tua/wali siswa, guru/staff serta segenap tamu undangan seperti pengawas sekolah, pengurus komite, pengurus Yayasan Abul Yatama, dan jajaran di Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah. Diselenggarakan secara virtual dengan menggunakan platform Zoom Meeting dan juga dapat di saksikan di channel youtube SMA Islam Hidayatullah Semarang. Acara ini berlangsung mulai dari jam 10.00 WIB – 11.00 WIB.

Dalam acara tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo menghimbau kepada seluruh siswa – siswi SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) agar dapat memanfaatkan kondisi pandemi saat ini dengan saling mengedukasi satu sama lain. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan berbagai cara antara lain tidak bergerombol, selalu memakai masker, menggunakan face shield, mengganti cara berjabat tangan dengan menggunakan siku, dan lain-lain. Dengan menerapkan kebiasaan baik ini, semua generasi muda tetap selalu sehat dan terhindar dari bahaya virus COVID-19.

Beliau juga memberi motivasi kepada siswa untuk mengambil peluang positif di era kenormalan baru ini, yakni dengan memanfaatkan waktu luang yang banyak ini dengan mengasah potensi maisng-masing sehingga saat ini adalah momen paling tepat bagi siswa untuk menjadi orang-orang kreatif, mampu melihat permasalahan dengan mencari solusi. Pada sesi tanya jawab, beberapa siswa dan guru juga menyampaikan pertanyaan kepada Pak Ganjar. Ngobrol dan diskusi berlangsung nyaman, mengalir, dan gayeng. Membahas soal bagaimana tips menjaga kebugaran di era pandemi, mengatasi kejenuhan siswa karena sudah lama berdiam diri di rumah, hingga menyoal cara kreatif menjaga mood siswa selama BdR ( Belajar dari Rumah)

Di penghujung acara, Pak Ganjar memberikan give away berupa buku kepada tiga penanya. Pak Ganjar memberikan wejangan, “Allah memberikan cobaan kepada kita melalui pandemi Covid-19 ini. Namun, dengan adanya cobaan seperti ini, bukakn berarti kita harus berdiam diri. Kita harus terus menerus mengembangkan kreativitas dan terus berinovasi dalam proses belajar mengajar. Tetap jaga silaturahmi dan selalu menjaga kesehatan. Para guru diharapkan semakin kreatif dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, tidak hanya send tapi juga delivered yakni tidak hanya mengajar namun memastikan para siswa-siswi benar-benar belajar.”

Etik Ningsih, S.Pd., Kepala SMA Islam Hidayatullah menuturkan “Bersyukur kepada Allah SWT, acara ini berlangsung dengan sikses. Diharapkan anak-anak bisa mengambil insight dari apa yang disampaikan Bapak Gubernur, menjadi pribadi yang selalu berpikir positif, tidak suka mengeluh sehingga semangat belajar tetap terjaga dan akhirnya mendapatkan hasil yang maksimal.” Azell pangestu, siswa kelas X IPS 1 mengaku senang dengan terselenggaranya acara ini. “saya senang acara-acara seperti ini, bisa ngobrol asik dan bayeng dengan Pak Gubernur. Saya harap sekolah bisa secara rutin untuk mengundang tokoh-tokoh terkenal dan penting guna memberikan pencerahan kepada para siswa.” Imbuhnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!