Mengenal kampus bagi siswa SMA terlebih kelas XII sangat diperlukan. Untuk itu persiapan masuk perguruan tinggi menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Para siswa harus mulai memilih program studi yang tepat dan kampus yang sesuai dengan mereka.

Senin, 23 September 2019 siswa kelas XII SMA Islam Hidayatullah Semarang berkunjung di kampus Universitas Diponegoro Semarang. Kampus ini sengaja dipilih karena sebagian besar minat para siswa ingin melanjutkan studi di universitas tersebut. Jurusan MIPA  berkunjung di Fakultas Teknik sedangkan IPS berkunjung di FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Kegiatan pengenalan kampus ini atau yang dikenal dengan CDA (Campus Day Attachment) merupakan kegiatan tahunan untuk semua jenjang dari kelas X hingga kelas XII. Jadi setiap jenjang mereka sudah berkenalan dengan beragram kampus (program studi). “Mengenalkan dunia kampus sangat penting bagi anak-anak. Selain merasakan seperti apa diajar para dosen mereka juga mendapat wawasan lebih tentang sistem masuk perguruan tinggi.” Ungkap Eko Wahyu Diyono, S.Si., M.Pd., Kepala SMA Islam Hidayatullah.

Kunjungan di Fakultas Teknik Undip mendapat sambutan hangat dari pihak fakultas. Bapak Dr. Abdul Syakur, S.T., M.T. sebagai Wakil Dekan Sumber Daya menyampaikan banyak hal terkait universitas. Beliau pun memberikan tips jitu menjadi mahasiswa cerdas dan sukses. Berikutnya materi lebih detail tentang program studi dan peluang lapangan pekerjaan yang ada di Fakultas Teknik disampaikan oleh Bapak Ari Eko Widyantoro, S.t., M.Si. selaku Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Teknik.  Para siswa tampak semangat memperhatikan semua penjelasan dari kedua pemateri.

Di FISIP siswa IPS mendapatkan materi yang tak kalah pentingnya. Sebelumnya penyampaian sambutan oleh Bapak Dr. Teguh Yuwono, M.Pol. Admin. Beliau mengungkapkan banyak hal terkait pentingnya belajar di berbagai program studi di FISIP mengingat fenomena dan isu politik di Indonesia yang sangat membutuhkan SDM yang paham ilmu-ilmu sosial dan politik. Selanjutnya paparan tentang berbagai jalur masuk perguran tinggi negeri secara spesifik  oleh Bapak Widayanto, S,Sos., M.Si. dari LP2MP. Beliau juga menyampaikan tentang tips mempersiapkan diri agar sukses menembus jalur SMPTN dan SBMPTN.

“ Pembicaranya bagus, saya jadi semakin paham apa yang harus segera saya persiapkan untuk masuk UNDIP nanti.” kata Faris Ramadhan (XII IPS 1) usai kegiatan. Miftahur Rizaq, S.Pd., guru BK juga mengimbuhkan, “Alangkah lebih bagus jika setiap PTN (Perguruan Tinggi Negeri) mengadakan program bedah kampus agar siswa SMA khususnya kelas XII bisa melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing PTN.”

Para orang tua pun sangat senang dengan program CDA ini. Ibunda M. Syarif Wicaksono menuturkan, “Terima kasih untuk SMAHA, saya senang sekali dengan program ini. Anak saya jadi semakin siap masuk perguruan tinggi. Dari berbagai kunjungan kampus ini semakin memperkaya wawasannya. Kelas X dulu di Fakultas Kedokteran UNDIP, Kelas XI di Universitas Brawijaya Malang, dan kelas XII ini di Fakultas teknik Undip. Sekali lagi terima kasih untuk sekolah.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!