Saya bersama Fatimah berkunjung ke rumah Rasulullah dan kami temui Beliau sedang menangis. Kami bertanya kepada beliau, “Mengapa tuan menangis wahai Rasulullah?”

Rasulullah menjawab,“Pada malam aku di-isra’- kan, aku melihat orang sedang mengalami berbagai penyiksaan…  aku melihat perempuan-perempuan yang sedang disiksa dengan berbagai siksaan.

Itulah sebabnya mengapa aku menangis, karena menyaksikan mereka yang sangat berat dan mengerikan siksanya. … bila teringat mereka aku menangis.

Putri Rasulullah SAW kemudian menanyakan apa yang dilihat ayahandanya,  Fatimah berkata,

”Wahai ayahku, cahaya mata kesayanganku… ceritakanlah kepadaku apakah amal perbuatan perempuan-perempuan itu.”.

Rasulullah SAW. bersabda,

“Wahai Fatimah, adapun :

  1. Perempuan yang digantung dengan rambutnya dan otak kepalanya mendidih, karena dia tidak menjaga rambutnya di jilbab, tidak menutup rambutnya sehingga terlihat oleh laki-laki yang bukan muhrimnya.
  2. Perempuan yang digantung dengan lidahnya serta tangannya dipaut dari punggungnya sedangkan api yang mendidih dari neraka dituangkan ke kerongkongnya, karena dia menyakiti hati suaminya dengan kata-kata.

Kemudian Nabi SAW. bersabda:

“Tidak seorang perempuan yang menyakiti hati suaminya melalui kata-katanya kecuali Allah akan membuatkan mulutnya kelak dihari kiamat, selebar 70 zira’ kemudian akan mengikatnya dibelakang lehernya.

  1. Adapun perempuan yang digantung dengan buah dadanya dari balik punggungnya sedangkan air getah kayu zakum dituang ke kerongkongnya karena dia menyusui anak orang lain tanpa izin suaminya.
  2. Adapun perempuan yang digantung, diikat kedua kaki & tangannya ke arah ubun-ubun kepalanya serta dibelit dibawah kekuasaan ular & kala jengking, karena dia perempuan yang tidak taat kepada suaminya, ia keluar rumah tanpa izin suaminya,  dan perempuan yang tidak mau mandi suci dari haid dan nifas. tidak mandi wajib dari haid dan nifas.
  3. Adapun perempuan yang memakan badannya sendiri serta dibawahnya tampak api yang menyala-nyala dengan hebatnya, karena dia suka bersolek untuk dilihat lelaki lain serta suka membicarakan ke’aib’an orang.
  4. Adapun perempuan yang memotong badannya sendiri dengan gunting dari neraka karena dia suka memperkenalkan dan menonjolkan diri kepada orang lain dikalangan orang yang banyak agar supaya orang melihat kecantikan dan perhiasannya dan  jatuh cinta padanya karena melihat kecantikan perhiasannya.
  5. Adapun perempuan yang diikat kedua kaki dan tangannya sampai ke ubun-ubunnya dan dibelit oleh ular dan kala jengking karena dia mampu mengerjakan solat dan puasa. Tetapi dia tidak mau berwudhuk dan tidak solat serta tidak mau mandi wajib.
  6. Adapun perempuan yang kepalanya seperti babi dan badannya seperti keledai ialah karena dia tukang umpat, suka mengadu domba serta  pendusta.
  7. Adapun perempuan yang menyerupai anjing ialah  perempuan yang suka memfitnah dan membenci, serta suka marah- marah pada suaminya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari, Rasulullah SAW menjelaskan hal tersebut dengan sabdanya;

“Aku melihat ke dalam surga ternyata kebanyakan penghuninya orang-orang faqir-miskin, dan aku melihat ke dalam neraka, ternyata kebanyakan penghuninya kaum perempuan.”

 

Dalam hadits yang lain disebutkan: “Sesungguhnya penduduk surga yang paling sedikit adalah kaum perempuan” Hadits riwayat Muslim.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!