Pertemuan guru dan Orang Tua / Wali murid merupakan momen yang sangat penting karena sebagai sarana pembuka komunikasi antara orang tua dan sekolah anak. Untuk itu, perlu kesamaan visi dan persepsi terhadap proses  belajar yang diyakini mampu mengantarkan para siswa sesuai cita-cita bersama antara orang tua, murid dan seluruh guru dan staff sekolah.

Untuk mewujudkan hal tersebut, SMA Islam Hidayatullah Semarang menyelenggarakan kegiatan PGOTW ( Pertemuan Guru dan Orang tua/ Wali) perdana secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Kegiatan PGOTW di tahun 2020/2021 ini, dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Juli 2020, untuk orangtua/wali murid kelas X. Agenda pada pertemuan ini adalah penyampaian visi dan misi dan juga sosialisasi program sekolah, serta pemaparan digital class.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh orang tua / wali murid kelas X dan segenap dewan guru. Acara diawali dengan sambutan oleh ketua komite SMA Islam Hidayatullah, Sudarno Agung Purwantoni, S.H., M.M., dilanjutkan penyampaian visi dan misi sekolah oleh kepala SMA Islam Hidayatullah, Etik Ningsih, S.Pd. Berikutnya sosialisasi program-program sekolah oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Tufik Nur Hidayat, S.Pd. serta wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Sri Widayati, S.Pd. Kemudian pemaparan Digital Class oleh Kgs. Aidil Firmansyah (Apple Distinguished Educator) dari Palembang.

Dalam sesi pemaparan digital class disampaikan beberapa keunggulan pembelajaran menggunakan iPad, antara lain secure, friendly, supportive, dan high-tech. Selain itu, Kgs. Aidil Firmansyah menyampaikan “SMA Islam Hidayatullah menjadi SMA Islam pertama di pulau Jawa yang menggunakan iPad dalam proses pembelajaran. Guru-guru SMAHA sportif dan selalu meng-upgrade kemampuan dalam menggunakan teknologi pads iPad.”

Di akhir kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab. Kesempatan diberikan kepada tiga penanya untuk mengajukan pertanyaan secara langsung, Para orangtua menanyakan juga difasilitasi lewat kolom chat pada zoom meeting. Salah satu orang tua murid, Edy Surahman, S.Pd., M.Si. menyampaikan kesan dan masukkannya, “ pada prinsipnya, kegiatan PGOTW ini bagus dan komunikatif, namun alangkah lebih bagus lagi jika sesi tanya jawab secara langsung diberi waktu lebih lama.”

Melalui pertemuan ini diharapkan orangtua semakin mengenal sekolah anak-anak mereka lebih dekat dan mampu bersinergi serta mengembangkan komunikasi efektif dalam mendidik anak anak sesuai harapan bersama.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!