LPI HIDAYATULLAH- Hari Raya Idul Fitri telah kita peringati bersama yakni 1 Syawal 1444 H.  Di Indonesia, momentum Idul Fitri erat kaitannya dengan tradisi Halal Bi Halal. Tradisi ini tentu sebagai sarana silaturahmi dan saling bermaafan antar sesama umat islam.

Masih dalam suasana Idul Fitri, segenap keluarga besar Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Hidayatullah Yayasan Abul Yatama Semarang menggelar Halal Bi Halal dengan tema “Kembali Suci di Hari Fitri, Kita Eratkan Silaturahmi” , Selasa 2 Mei 2023 pukul 09.30-12.00 WIB di Mushola SD Islam Hidayatullah.

Acara ini dihadiri oleh segenap pimpinan, pengurus, pengawas Yayasan Abul Yatama Semarang, pimpinan LPI Hidayatullah, beserta pengabdi LPI Hidayatullah. Tak hanya itu, pengabdi yang sudah pensiun/purna tugas pun diundang dalam acara ini.

Acara Halal Bi Halal ini dibuka dengan penampilan tim hadroh dari LPI Hidayatullah dan lantunan  ayat suci Al-Qur’an. Kemudian disusul dengan sambutan-sambutan.

Dalam sambutannya, Direktur LPI Hidayatullah, Ustadz Suprapto Haris Setiawan, S.Ag turut berterimakasih atas kehadiran para pengurus Yayasan Abul Yatama Semarang dan segenap pengabdi LPI Hidayatullah.

“ Kami mewakili Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah mengucapkan terimakasih atas kehadira Dewan pembina, pengurus Yayasan Abul Yatama Semarang dan pengabdi di semua unit LPI Hidayatulllah. Alhamdulillah kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat. Kami berharap kehadiran kita disini bisa saling memaafkan,” tuturnya.

“Insyaallah saling memaafkan itu tanda mulia. Jangan kita ikuti orang-orang yang memendam benci dan dendam,” imbuhnya.

Sementara itu, Habib Hasan Toha selaku Ketua Yayasan Abul Yatama memberikan beberapa pesan penting kepada seluruh pengabdi yang hadir dalam acara ini.

“ Saya mewakili pembina, pengurus dan pengawas Yayasan Abul Yatama mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Pesan saya, mari perbaiki niat kita di LPI Hidayatullah, pandailah kita menyesuaikan diri/adaptif dan berilah yang terbaik untuk lembaga pendidikan kita,” tutur Habib Hasan

Tausiyah oleh Ustadz Riyadh Ahmad Al-Hafidz (Pengasuh Pondok Doa Ahlul Qur’an) dengan tema Halal Bi Halal.

Memasuki acara inti yakni tausiyah oleh Ustadz Riyadh Ahmad Al-Hafidz (Pengasuh Pondok Doa Ahlul Qur’an) dengan tema Halal Bi Halal.

Dalam tausiyahnya, Ustadz Riyadh menyampaikan mengenai 3 hal kekhasan para ahli surga.

“ Halal Bi Halal adalah momentum bagi kita untuk saling minta maaf atas segala dosa yang kita lakukan pada seseorang. Apabila kita memaafkan kesalahan orang lain maka termasuk dari 3 kekhasan orang yang ahli surga,” tutur Ustadz Riyadh.

“Ada 3 kekhasan para ahli surga yakni: pertama adalah orang yang suka berbuat baik pada orang yang berbuat buruk, kedua adalah memaafkan dan menghapus kesalahan orang lain yang dzalim, dan yang ketiga adalah memberi kepada orang yang tidak pernah memberi,” jelasnya.

Diakhir acara, seluruh pengabdi saling bermaaf-maafan, disusul dengan sholat dhuhur berjamaah.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!