Resume Kajian Kitab AS – SYAMAIL MUHAMMADIYAH

(hari Sabtu tanggal 11 September 2021)

Oleh: Ustadz Amin Taufiq, LC.

Pada awal kajian Ustadz Amin Taufik menyampaikan kisah tentang kebiasaan Rasulullah Muhammad sholallahu ‘alaihi wassalam pergi ke pasar belanja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Hal ini sempat diprotes pengikutnya kaum Qurais. Ternyata beberapa waktu kemudian baru dipahamai bahwa   Rasulullah Muhammad sholallahu ‘alaihi wassalam memberikan pembelajaran kepada para shahabatnya dengan metode yang sangat luar biasa. Contohnya pada suatu hari Rasulullah Muhammad sholallahu ‘alaihi wassalam menjumpai bangkai anak kambing yang telinganya cacat, kemudian Beliau mengangkat bangkai anak kambing tersebut kemudian menawarkan kepada para shahabat “siapa yang mau menebus anak kambing ini dengan uang satu dirham”. Para shahabat tidak ada yang bersedia untuk menebus. Apalagi sudah mati, seandainya masih hidup saja tidak ada yang bersedia menebus dengan satu dirham. Kemudian Rasulullah Muhammad sholallahu ‘alaihi wassalam menyampaikan “Demi Allah dunia lebih hina dari ini”. Inilah pelajaran yang ingin disampaikan Rasulullah Muhammad sholallahu ‘alaihi wassalam kepada shahabatnya. Metode ini bisa digunakan oleh para Guru dalam memberikan pembelajaran kepada para murid-muridnya.

Kajian dilanjutkan dengan pembahasan kitab As-syamail Muhammadiyah pada hadist ke-12.

“Telah diperlihatkan kepadaku para Nabi. Adapun Nabi Musa ‘alaihissalam bagaikan seorang laki laki dari suku Syanu’ah*. Kulihat pula Nabi Isa bin Maryan sholallahu ‘alaihi wassalam ternyata orang yang pernah kulihat mirip kepadanya adalahUrwah bin Mas’ud*, Kulihat pula Nabi Ibranim a.s. ternyata orang yang mirip kepadanya adalah kawan kalian ini (yaitu Nabi saw sendiri). Kulihat jibril ternyata orang yang pernah kulihat mirip kepadanya adalah Dihyah*.” (Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’ad dari Laits bin Sa’id, dari Abi Zubair yang bersumber dari Jabir bin `Abdullah radiyallahuanhu).

  • Suku Syanu’ah terdapat di Yaman perawakan mereka sedang.
  • Urwah bin Mas’ud as Tsaqafi adalah sahabat Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam ia memeluk islam pada tahun 9 H.
  • Dihyah adalah seorang sahabat Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam yang mengikuti jihad fi sabilillah setelah perang Badar. Ia pun merupakan salah seorang pengikut Bai’atur Ridlwanyang bersejarah.

“Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam mempunyai gigi seri yang renggang. Bila Beliau berbicara terlihat

seperti ada cahaya yang memancar keluar antara kedua gigi serinya itu.”

(Diriwayatkan oleh Abdullah binAbdurrahman, dari Ibrahim bin Mundzir al Hizami, dari AbdulAziz bin Tsabit az Zuhri, dari Ismail bin Ibrahim, dari Musa bin Uqbah, dari Kuraib yang bersumber dari IbnuAbbas r.a.)

BENTUK KHATAMUN NUBUWAH.

“Aku pernah melihat khatam (kenabian)…. Ia terletak antara kedua bahu Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam. Bentuknya seperti sepotong daging berwarna merah sebesar telur burung dara.”

(Diriwayatkan oleh Sa’id bin Ya’qub at Thalaqani dari Ayub bin Jabir, dari Simak bin Harb yang bersumber dari Jabir bin Samurah radiyallahuanhu)

“Apabila Ali k.w. menceritakan sifat Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam. maka ia akan bercerita panjang lebar. Dan ia akan berkata:Diantara kedua bahunya terdapat Khatam kenabian, yaitu khatam para Nabi.

(Diriwayatkan oleh Ahmad bin Ubadah ad DlabiAli bin Hujr dan lainnya, yang mereka terima dari Isa bin Yunus dari Umar binAbdullah, dari Ibrahim bin Muhammad yang bersumber dari salah seorang puteraAli bin Abi Thalib k.w.)

(bersambung pada kajian berikutnya)

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!