Dalam rangka orientasi peserta didik baru terhadap lingkungan sekolah, SMA Islam Hidayatullah Semarang mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang di sebut MPLS. Kegiatan berlangsung pada hari senin sampai dengan hari rabu, 13 – 15 Juli 2020 yang diikuti oelh seluruh siswa-siswi kelas 10.

Tema MPLS kali ini adalah “Belajar untuk Masa Depanku, Belajar Tanpa Batas Ruang dan Waktu”. Sesuai dengan kutipan tema tersebut, MPLS pada tahun ini yaitu tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara virtual, Melalui live streaming instagram, zoom meeting, dan live streaming youtube.

Hari pertama, kegiatan ini diawali dengan Opening ceremony MPLS, sambutan kepala sekolah, sosialisasi visi misi sekolah, ta’aruf guru dan karyawan, serta ta’aruf peserta didik baru. Pada hari kedua, dilaksanakan sosialisasi program sekolah bidang kurikulim dan kesiswaan, pengenalan fasilitas dan organisasi sekolah. Di hari terakhir, MPLS ditutup dengan acara stadium General dengan nara sumber Kgs. Aidil Firmansyah (Apple Distinguished Educator) yang mengulas mengenai keunggulan pembelajaranmenggunakan berbagai fitur canggih yang tersedia pada iPad Class.

Meski berlamgsung secara virtual, para siswa baru terlihat aktif dan tetap semangat terlibat dalam acara dari awal hingga akhir. Di sesu akhir kegiatan MPLS, di bagikan reward kepada beberapa siswa yang memenangkan lomba dengan berbagai kategori, yaitu loke twibbon terbanyak, kategori foto terbaik, kategori tugas ta’aruf terbaik, dan kategory menyebutkan nama nama narasumber terbaik.

“MPLS adalah masa orientasi dimana sekolah mengenalkan kepada peserta didik baru(kelas X) tentang iklim, budaya, serta kondisi lingkungan sekolah. Terpenting lagi memahamkan hak dan kewajiban mereka sehingga diharapkan lebih cepat beradaptasi, mampu berperan aktif serta bertanggung jawab sebagai warga sekolah khususnya di era new normal ini. MPLS ini tentu tidak terbatas hanya terbatas hanya untuk kelas X saja melainkan sekolah juga perlu memberikan penguatan orientasi kepada peserta didik kelas XI dan XII, sehingga akan tertanam dengan baik tentang budaya sekolah dan pemahaman terhadap ekosistem sekolah itu sendiri” Ungkapan Sri Widayati, S.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Saat menyampaikan kesan dan pesan dalam mengikuti kegiatan MPLS, salah saty peserta didik baru, Najla Widyawasono menuturkan, “Angkatan kita adalah angkatan istimewa, karena terjadi di masa pandemi Covid – 19. Kita harus menjalani kegiatan MPLS secara virtual. Namun, jangan sampai kondisi seperti ini membuat semangat kita berkurang untuk terus belajar dan berorganisasi. Semua ini tergantung bagaimana cara kita menyikapi yaitu dengan melakukan hal-hal yang positif, karena bersosialisasi dan belajar itu tidak terbatas ruang dan waktu.”

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!