LPI HIDAYATULLAH- Mengawali semester 2, SMP Islam Hidayatullah Semarang menggelar PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) bertajuk Kelas Inspiratif, Senin 2 Januari 2023 di Mushola SMP Islam Hidayatullah.

Kegiatan PLS kali ini mengambil tema “Mewujudkan Generasi Berakhlak Mulia dan Berprestasi” bersama Coach Yus Ibnu Yasin selaku pemateri. Beliau merupakan seorang Writer, Entrepreneur, Trainer, Motivator sekaligus Consultant.

Acara ini dimulai pukul 09.30-11.00 WIB dan diikuti seluruh siswa-siswi SMP Islam Hidayatullah Semarang. Tentunya dengan didampingi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah beserta guru SMP Islam Hidayatullah.

Kepala Sekolah SMP Islam Hidayatullah, Ibu Ratna Arumsari membuka rangkaian acara kelas kreatif pagi ini dengan penuh semangat. Beliau berharap kegiatan ini dapat memberikan keberkahaan dan manfaat bagi peserta didik di SMP Islam Hidayatullah Semarang.

“ Kegiatan PLS ini semoga bisa mewujudkan generasi berakhlak mulia dan berprestasi sesuai dengan tema kita kali ini. Semoga anak-anak semua dapat berkah dan manfaat agar bisa menjalankan semester 2 ini dengan lebih baik lagi dibanding semester sebelumnya” jelas Bu Ratna.

Acara selanjutnya yakni pemaparan materi dari Coach Yus Ibnu Yasin atau akrab disapa Coach Yasin. Dalam kesempatan ini, beliau memberikan tips hidup sukses dunia akhirat. Salah satunya dengan menerapkan adab.

“Indikator orang-orang terdidik adalah mereka yang punya adab. Adab tidak bisa diwariskan oleh orang-orang sholeh tapi harus diajarkan,” kata Coach Yasin.

Dalam hal ini, anak-anak SMP Islam Hidayatullah diajak untuk menerapkan 5 adab sebagai fondasi untuk hidup sukses diantaranya:

1. Adab kepada Allah.

“Adab kepada Allah diatas dari segala-galanya. Caranya dengan sholat. Kalau ingin perbaiki hidup kalian, maka perbaiki sholat kalian,” kata Coach Yasin.

“Barangsiapa sholatnya tepat waktu, maka Allah akan menjawab doanya tepat waktu. Dalam hal ini, kalau kalian ingin cepat sukses maka jangan tunda waktu sholatmu agar Allah juga cepat mengabulkan doa kalian,” jelasnya.

2. Adab kepada teman.
Mengenai adab kepada teman. Coach Yasin mengingatkan para siswa untuk tidak membuly sesama teman.

” Pantang untuk membuly sesama ciptaan Allah. Jangankan menghina manusia, menghina anjing dan babi pun tidak diperbolehkan,” paparnya.

Seperti yang diriwayatkan dalam H.R Tirmidzi:

“Seorang mukmin bukan yang suka mencela, suka melaknat, suka berkata kotor – HR. Tirmidzi.

3. Adab bermedia sosial
Di era yang semakin modern, hampir semua orang tentu memiliki media sosial. Nah, Coach Yasin mengingatkan siswa mengenai pentingnya adab dalam menggunakan media sosial.

Adab bermedia sosial diantaranya:
– Jangan posting screenshoot percakapan orang lain.
– Bijak menjelajahi sosial media
– Ingatlah setiap kita update, komen, dan share status akan dimintai pertanggungjawaban
– Bagi waktu dengan proposional.

“Nah, ini penting buat kalian yang suka upload foto di media sosial, menyebarkan berita hoax, komentar jelek di postingan oranglain. Ini wajib kita hindari karena apapun yang kita lakukan akan dilihat oleh Allah dan dimintai pertanggungjawaban,” tegas Coach Yasin.

4. Adab kepada guru
Terkait adab dengan guru, Coach Yasin mengajak anak-anak untuk sopan dengan guru.

” Kalian harus menghargai perjuangan guru yang telah meluangkan waktu mendidik kita. Hargai beliau ketika sedang mengajar dan membagikan ilmunya pada kalian,” jelasnya.

5. Adab pada orang tua
Adab pada orang tua juga dirasa penting. Kita sebagai anak harus patuh terhadap orang tua yang telah melahirkan dan mendidik kita. Sebab kesuksesan seorang anak tidak terlepas dari doa orang tua.

Nah, itulah fondasi hidup sukses menurut Coach Yus Ibnu Yasin. Semoga melalui acara ini anak-anak SMP Islam Hidayatullah memperoleh manfaat dan keberkahaan.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!