Berbagai informasi terkini soal virus corona pun terus berkembang dari waktu ke waktu.Saking cepatnya virus Covid-19 ini menyebar, World Health Organization (WHO) mengumumkan corona sebagai pandemi.Ketika masuk Indonesia, virus ini pun dengan cepat menyebar karena memang begitulah cara kerjanya.Untuk mengantisipasi pelonjakan pasien yang terinfeksi Covid-19, beberapa kebijakan pun dibuat.Salah satunya adalah anjuran untuk mengisolasi diri di rumah/tempat tinggal.Lalu bagaimana caranya agar tetap bisa menikmati self quarantine untuk membantu menekan laju persebaran virus corona? Sebenarnya, ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan di rumah :

  1. Memperbanyak bacaan Al Qur’an

Jika biasanya hanya membaca 1 juz atau bahkan hanya beberapa ayat saja, dengan program lockdown ini kalian bisa memperbanyak ayat atau juz. Atau bahkan bisa menerapkan one day one juz, untuk melatik program bacaan Al Qur’an juga saat datangnya bulan Ramadhan nanti.

  1. Quality time dengan keluarga

Untuk keluarga, kalilan juga bisa menciptakan kegiatan manfaat juga bersama sama. Salah satu contohnya, para ibu bisa mengajak anaknya untuk memasak bersama di rumah. Edukasi seperti ini justru bagus untuk melatih kepekaan anak di rumah. Dan sang ayah bisa mengajak anak yang lain untuk membantu membersihkan rumah sembari ibu memasak. Setelah semua kegiatan selesai, berkumpul saembari makan bersama dan bercengkrama. Ini dapat meningkatkan keharmonisan dalam keluarga.

  1. Membaca buku

Saat di rumah, buku-buku mungkin akan berteriak dan meminta sang pemilik untuk membuka dan membacanya. Biasanya saat aktivitas normal buku jarang sekali di sentuh, dan ini saat nya untuk membuka buku-buku untuk membaca. Mungkin kalian dapat membaca buku Shiroh nabawiyah, atau buku-buku tentang ilmu agama, dan dapat juga membaca bku yang berisi tentang edukasi lainnya.

  1. streaming youtube majlis-majlis online

saat lockdwon, banyak sekali acara-acara yang sengaja di batalkan termasuk halnya dengan majlis-majlis ilmu. Kita tidak dapat keluar rumah untuk mengadakan acara perkumpulan bahkan perkumpulan baik seperti majlis. Mungkin memang rindu yang kita rasakan, yang biasanya duduk dan mendengarkan secara langsung guru yang sedang membagikan ilmu, namun kali ini untuk sementara di tutup demi kebaikan bersama. Namun, untuk mengatasi itu semua, kita bisa searching atau streaming majlis di youtube. Niatkan untuk mencari ilmu dan memanfaat kan waktu luang dengan hal baik.

Semoga Allah segera mengangkat wabah ini dan kita dapat kembali beraktivitas normal seperti biasanya. Ambil hikmah baik dari peristiwa ini.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!