Ajarkan Siswa Cinta Indonesia

SEMARANG, suaramerdeka.com – Rasa cinta tanah air dan negara Indonesia generasi muda mulai terkikis. Untuk selalu menanamkan rasa cinta tanah air, siswa diajak mengenal kebudayaan setiap daerah melalui kegiatan Culture Day yang diselenggarakan SD Islam Hidayatullah.

Siswa dari kelas 1-6 SD diajak untuk mengenal tarian atau pertunjukan masing-masing provinsi. Masing-masing kelas menampilkan pertunjukan musik atau tarian daerah dari berbagai propinsi. Setiap siswa memakai baju adat dari provinsi yang diwakilinya. Ada dari Aceh, Jawa Tengah, Maluku, Jawa Timur, Jawa Barat, Papua, Bali dan masih banyak lagi.

Selain pertunjukan, setiap kelas memamerkan mading yang berisi kebudayaan provinsi yang diwakilinya, juga menyuguhkan makanan dan minuman khas daerah. Ketua Komite SD Islam Hidayatullah, Gumilang Febriyansyah menuturkan, masing-masing kelas menampilkan kebudayaan dari beberapa provinsi di Indonesia. Total ada 24 kelas dari kelas 1-6.

“Kegiatan ini adalah dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda. Diharapkan siswa dapat lebih mengenal kebudayaan setiap propinsi dan lebih cinta tanah air. Oleh sebab itu kami mengangkat tema ‘Kami Muslim, Kami Indonesia’. Meskipun kami beragama Islam, kami adalah negara Indonesia,” tuturnya.

Kegiatan Culture Day ini mengajak siswa, bahwa meskipun berbeda-beda dari sejumlah daerah melainkan satu jua. Saling menghargai satu sama lain. Dikatakannya, pertunjukan, makanan daerah dan mading yang sudah dibuat siswa kemudian dilombakan. Pemenang akan mendapatkan hadiah dari panitia dan sekolah.

Kepala Sekolah SD Islam Hidayatullah, Ratna Arum Sari menambahkan, tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin hubungan silaturahmi antara sekolah dengan orang tua. Karena peran orang tua sangat besar sekali. Mereka ikut mendukung acara ini. “Sekaligus mengenalkan adat dan budaya dari masing-masing provinsi. Sebab banyak generasi muda yang mulai terkikis rasa cinta tanah air. Mereka lebih menyukai budaya dari negara lain,” ujarnya.

Semua siswa tampil menunjukkan kreativitasnya dalam menari, bermain musik dan drama dari provinsi yang mereka wakili. Siswa juga menyuguhkan masakan khas masing-masing provinsi. “Kedepan, kegiatan ini rutin dapat diselenggarakan kembali setiap tahun. Untuk memperingati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda,” harapnya.

Untuk video streaming nya silahkan

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!