LPI HIDAYATULLAH- Kepribadian seorang guru atau pendidik tentu mempengaruhi kualitas sekolah atau lembaga pendidikan. Yang mana sebagai seorang guru kita dituntut untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan (Akhlakul Karimah) dan menjadi role model bagi anak didik kita.

Bukan itu saja, para guru dan karyawan di sekolah atau lembaga pendidikan dianjurkan untuk meneladani sifat-sifat rosul dalam mendidik siswanya. Hal ini juga berlaku disetiap unit Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Hidayatullah Semarang Yayasan Abul Yatama.

Penasaran? apa saja sifat-sifat Rosul yang wajib diteladani para guru dalam mendidik siswa agar berprestasi di sekolah? Berikut penjelasannya.

Ya, perlu kita ketahui bahwa suatu sekolah atau lembaga pendidikan dikatakan memiliki prestasi, diawali dengan prestasi guru itu sendiri.

“Pendidikan itu yang penting gurunya bukan siswanya, untuk hal prestasi,” kata Ustadz Edrus selaku Sekretaris Eksekutif Yayasan Abul Yatama saat digelarnya anjangsana (kunjungan) di SMP Islam Hidayatullah Semarang, Sabtu 6 Agustus 2022.

“ Prestasi yang kita dapat bukan karena inputnya siswa, tapi karena gurunya. Kalau gurunya terus belajar maka input seperti apapun kita bisa merubah,” sambungnya.

Pimpinan LPI Hidayatullah dan Yayasan Abul Yatama memaparkan mengenai indikator kecerdasan ala rosul dan sifat-sifat Rosul yang wajib diteladani para guru dan karyawan LPI Hidayatullah Semarang, Sabtu 6 Agustus 2022.

Ustadz Edrus juga memaparkan bahwa para guru/karyawan di setiap sekolah untuk senantiasa meningkatkan rasa saling memiliki.

“Guru jangan menjadi profesi bisnis. Guru harus memiliki rasa handarbeni, rasa memiliki harus kita tanamkan. Kita juga harus saling mengingatkan pada sesama guru,” tegas Ustadz Edrus.

Tak hanya itu, seorang guru/karyawan di lembaga pendidikan atau sekolah harus menjadi contoh yang baik bagi siswanya dan senantiasa menerapkan sifat-sifat rosul.

“Kita harus menjadi guru yang benar, guru yang terbaik, jujur untuk memberi contoh bagi anak-anak didik kita,” kata Ustadz Edrus

“ Yang terpenting 4 sifat rosul harus kita terapkan sebagai seorang guru/pendidik. Yaitu Sidiq (benar), Amanah, Tabligh (bagaimana dalam menyampaikan pelajaran. Disini cobalah kita keluarkan sifat keibuan/kebapakan), Fatonah (cerdas),” jelasnya.

Disisi lain, beliau juga mengajak para guru/karyawan LPI Hidayatullah Semarang Yayasan Abul Yatama untuk menanamkan niat bekerja hanya untuk mencari ridho Allah SWT.

“Tujuan pendidikan kita itu mencari ridho Allah SWT, dalam mengajar harus ikhlas. Jangan jadikan ini pekerjaan, tapi sebagai pengabdian. Maka apa yang menjadi visi-misi, target dan tujuan LPI Hidayatullah Semarang dan Yayasan Abul Yatama tolong dijaga dengan baik,” pungkasnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!